Melanjutkan artikel sebelumnya, tentang generasi bebek yang merajai pasaran Indonesia. Mulai Supra Fit, embel-embel Astrea ditinggalkan.
New Supra Fit

New Supra Fit di luncurkan akhir tahun 2005. Dengan ikon baru yaitu Mat Solar, seiring dengan sedang melambungnya komedi Bajaj Bajuri. Masih ingat tagline : “Lampu belakangnya cakep lho…”
New Supra Fit ini mengalami rombakan besar dari versi sebelumnya. Siluet lebih lancip dan body yang lebih besar. Rangka menggunakan model yang sama dengan Karisma dan Supra X 125, memungkinkan penggunaan bagasi. Fitur-fitur juga sama dengan Karisma kecuali odometer digital karena data kecepatan masih diambil dari roda depan.
Mesin masih sama dengan Supra Fit sebelumnya. Bentuk knalpot mengingatkan akan model yang dipakai Astrea Prima. Fitur baru yang merupakan revisi dari versi sebelumny ada di karburator, dengan penambahan piranti yang mengurangi gejala knalpot nembak. Di tabloid Motor plus pernah dibahas tentang Swing Arm yang dipakai New Supra Fit ini beda dengan versi lama, karena tidak lagi menggunakan baut besar pengencang as roda.
Fitur lain adalah behel belakang bermaterial besi berlapis karet. Shockbreaker yang tampak lebih kokoh dan ada pelindung di dalamnya. Tombol -tombol di panel juga kembali ke posisi yang umum. Sisi kanan : electric starter dan switch lampu, sisi kiri : klakson, sein dan pengatur jaruh dekat lampu.

New Supra Fit dijual dalam 2 varian, yaitu versi rem teromol dan cakram. Di Tahun 2006 dikenalkan New Supra Fit R, dengan fitur tambahan : Velg Cast Wheel dan Secure Key Shutter, serta grafis yang lebih racy. Menyasar pasar anak muda.
Supra X 125

Motor bebek kelas premium ini diluncurkan tahun 2005 untuk menggantikan 2 motor sekaligus. Karisma yang baru berumur 3 tahun dan Supra X yang sudah 7 tahun mengaspal. Digunakannya kembali nama Supra sepertinya karena Honda menganggap nama Supra lebih punya hoki.
Motor ini menggunakan mesin 125 cc yang merupakan pengembangan dari mesin Karisma. Fitur baru yang diterapkan di sini adalah Secure Shutter Key dan posisi sein depan terpisah dari lampu utama serta penggunaan sayap 3 dimensi. Bentuk awal motor ini mengedepankan aksen lengkung seperti Supra X. Motor ini dijual dalam 4 varian teromol, cakram, castwheel dan versi Injeksi.

Tahun 2007 Supra X 125 mengalami revisi body yang lebih gahar. Double head lamp dan sayap ber-aksen lancip, bentuk sein yang anggun, perubahan bentuk besi begel serta bentuk muffler yang racy. Juga model footstep belakang yang makin keren menyesuaikan bentuk knalpot. Untuk versi baru ini varian rem depan teromol dihilangkan.
Tentang Supra X 125, bisa dilihat di artikel lain:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar